RSS Feed

Sejarah Perkembangan Teknologi Informatika

Istilah “telematika” pertama kali digunakan oleh Simon Nora dan Alain Minc di tahun 1978 dalam laporan mereka yang berjudul L’Informatisation de la société. Istilah telematika berasal dari bahasa Perancis, yaitu télématique–yang merupakan penggabungan dari dua buah kata, yaitu télécommunications (telekomunikasi) dan l’informatique (informatika).

Laporan yang dibuat oleh Simon Nora dan Alain Minc merupakan mandat dari presiden Perancis Valéry Giscard d’Estaing di tahun 1976 yang khawatir bahwa “aplikasi-aplikasi komputer telah dikembangkan sedemikian rupa, sehingga—sebagai akibatnya–organisasi sosial dan ekonomi masyarakat kita dan kehidupan kita akan mengalami perubahan”. Perkembangan ini memiliki alasan utama dalam proses pengembangan mikroprosesor di tahun 1971 dan ketersediaan komputer yang lebih murah dan lebih kecil untuk menggantikan mainframe dan minicomputer yang sebelumnya digunakan. Mainframe membuat ruangan menjadi penuh, boros energi dan menghabiskan jutaan Euro.

Minicomputer, walaupun lebih kecil dan lebih murah, tetapi berbeda dengan personal computer atau PC. Saat itu, komputer masih sangat mahal dan hanya organisasi besar yang dapat menggunakan komputer. Pada saat itu pula, komputer tidak terhubung dengan yang lainnya dan biasanya para pengguna komputer bersaing menggunakan waktu komputasi yang tersedia. Ketika pendistribusian komputer meningkat secara geografis, kebutuhan akan pertukaran data tumbuh dan teknologi telekomunikasi digunakan untuk menghubungkan komputer yang ada. Hal ini dapat dikatakan sebagai kelahiran telematika.

Dalam laporan mereka, Simon Nora dan Alain Minc membandingkan prospek telematika dengan listrik, “Saat ini, pengguna listrik dapat langsung memperoleh daya listrik yang dibutuhkan tanpa perlu khawatir mengenai asalnya atau berapa biayanya. Ada banyak alasan untuk optimis bahwa hal serupa akan terjadi juga pada masa depan telematika”. Kehidupan zaman sekarang banyak menggunakan aplikasi telematika, diantarana pengambilan uang melalui ATM atau pemesanan hotel dan penerbangan secara elektronik. Aplikasi telematika yang paling banyak digunakan adalah internet. Seperti listrik, saat ini internet adalah hal yang biasa dan di berbagai perusahaan. Ketersediaan koneksi internet sama pentingnya dengan ketersediaan daya listrik.

Perkembangan terakhir teknologi komputer dan telekomunikasi berdampak sama pentingnya dengan perkembangan di era 1970-an bagi masyarakat dan perekonomian seiring dengan meningkatnya ketersediaan PC. Komputer menjadi jauh lebih kecil dan hemat energi, perangkat komputasi menjadi komputer mobile dan komputer saku bisa menemani kita di manapun kita berada. Teknologi telekomunikasi dapat tertanam (embedded) dalam perangkat mobile yang memungkinkan telekomunikasi nirkabel (wireless telecommunication) dengan perangkat mobile lainnya. Perkembangan teknologi ini mengarah ke bidang baru dari aplikasi telematika yang dikenal dengan istilah mobile computing, ubiquitous computing, atau pervasive computing.

Pustaka:

[1]       S. Nora and A. Minc. L’Informatisation de la société. Rapport à M. le Président de la République. La Documentation Française, Paris, 1978.

English translationThe Computerization of Society. A report to the President of France. MIT Press, Cambridge, Massachusetts, 1980.

[2]      http://www.telematique.eu/

 

*Dipublish juga di Warta Warga Gunadarma dan web pribadi saya.

About Yuniarty Utami

Yuniarty Utami is a student of Information System, Faculty of Computer Science and Information Technology, Gunadarma University.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: