RSS Feed

Italia dan Kopi

Italia dan kopi adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Di negara asal Leonardo Da Vinci ini, kopi disebut caffè. Budaya minum kopi di negara ini sangatlah kuat dan mengakar. Hampir semua Italians (sebutan untuk orang Italia) gemar menyeruput minuman ini.

Pada tahun 1511, kopi sempat dilarang oleh para imam konservatif dan orthodoks di majelis keagamaan Makkah, Saudi Arabia. Akan tetapi, karena popularitas minuman ini, maka pada tahun 1524—atas perintah Sultan Selim I dari Kesultanan Utsmaniyah Turki—larangan tersebut dihilangkan. Pada tahun 1532, di Kairo, Mesir, larangan yang sama juga disahkan. Kedai kopi dan gudang kopi ditutup.

Dari dunia Muslim, kopi menyebar ke benua Eropa melalui Italia berkat perdagangan antara Venezia dan Timur Tengah. Oleh karenanya, Italia dikenal sebagai surga atau paradiso bagi para pecinta kafein. Konon, coffee house Eropa pertama kali dibuka di Italia pada tahun 1645.

Minuman kopi yang tersedia di Italia ada banyak macamnya. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

1. Espresso

Espresso berasal dari kata express yang berarti cepat. Hal ini dikarenakan proses pembuatannya yang tidak memakan waktu yang lama. Espresso adalah kopi pekat khas Italia. Jika ingin memesan kopi jenis ini, kita tinggal menyebutkan kata ”caffè.”

2. Cappuccino

Merupakan campuran antara espresso dan susu dengan perbandingan 1:2. Peramu cappuccino pertama kali adalah seorang pendeta Venetians di abad ke-18. Italians meminum cappuccino hanya di pagi hari setelah sarapan.

3. Macchiato

Adalah espresso yang ditambahkan—sedikit sekali—susu.

4. Caffè latte

Merupakan susu dengan campuran sedikit kopi.

5. Ristretto

Ristretto adalah nama lain dari espresso. Kopi jenis ini dibuat melalui dua kali proses penyaringan.

6. Jamaican

Kopi dengan campuran liqueur/liquor rhum.

7. Americano

Americano adalah espresso yang diberi tambahan air kurang lebih sepertiga gelas saji. Hal ini dilakukan agar kepekatan kopi berkurang. Diberi nama Americano karena mayoritas turis asal Amerika lebih menyukai kopi jenis ini.

8. Irish coffee

Merupakan kopi plus krim susu yang dicampur dengan Irish Whiskey. Minuman ini diramu pertama kali oleh seorang pemilik restoran di Irlandia bernama Joe Sheridan pada tahun 1942, kemudian dipopulerkan di Amerika sekitar tahun 1952 oleh Stanton Delaplane dan temannya Jack Koeppler—pemilik Buena Vista Cafe, San Francisco.

9. Affogato

Affogato dalam bahasa Italia berarti tenggelam. Sesuai dengan namanya, minuman ini adalah jenis espresso dengan satu scoop es krim yang “tenggelam” di dalamnya.

10. Caffè shakerato

Kombinasi espresso yang diberi es dan satu sendok makan simple syrup. Bahan-bahan tadi kemudian dicampur dengan menggunakan cocktail shaker dengan krim sebagai topping.

y

Sebenarnya masih banyak jenis kopi yang tersedia di Italia, seperti decaffeinato, cioccolata, corretto, caffè turco, caffè d’orzo, dan lain-lain. Tetapi, dari sekian banyak jenis kopi yang disebutkan di atas, mengapa frappé ataupun moccachino tidak termasuk?

Frappé dan moccachino merupakan kreasi kafe-kafe Amerika yang kadar kepekatan kopinya sudah jauh berkurang. Italians lebih menyukai kopi ‘asli’ yang sangat pekat. Itulah sebabnya mengapa jenis frappé dan moccachino sulit ditemukan di Italia.

yuniarty

utami

NB:
Terinspirasi dari buku “Ciao Italia!” yang ditulis oleh Gama Harjono.
🙂

y

Referensi lain:
Cikopi, Kopitips, Wikipedia

y

About Yuniarty Utami

Yuniarty Utami is a student of Information System, Faculty of Computer Science and Information Technology, Gunadarma University.

21 responses »

  1. kalau Saya suka indocafe coffemix..😀 (ga ada yg tanya ya?😆 )

    Reply
  2. Aku lebih suka kopi Robusta pekat dan Cappucinno..😀

    By the way, nice blog! ;D

    Reply
  3. woo yuyun. mentang2 suka capuccino. nulisnya tentang capuccino.

    Reply
  4. kalo kopi luwak masuk kategori mana ya?

    Reply
    • Waah, dikomentarin sama Mbak tika..!😀

      Kalo kopi luwak kan asli Indonesia, mbak. Aku ga tau disediakan di Italia juga atau nggak. :p

  5. Gw lebih suka cappucinno & moccachino.
    Oia, harusnya d lengkapi dengan gambar dari masing2 kopi. Biar lebih terlihat perbedaanya.

    Reply
    • Hmm, sebenernya semua jenis kopi yang gue bahas di atas tuh ‘wujudnya’ mirip, riz. Yang membedakan adalah rasanya. Tapi, makasih sarannya, ya.😉

  6. G**d Day juga enak🙂

    Reply
  7. I love coffee and I believe I’m a coffee addict. Recently have purchased a Burr Coffee Grinder. Burr Coffee Grinders definetely change your taste if you like gourmet coffees. I suggest to anyone who loves coffee like me. Greetings from LA

    Reply
  8. Pingback: Sslurpp… Cappuccino! « Yuniarty Utami's Site

  9. Pingback: 2010 in review « Yuniarty Utami's Site

  10. pengen coba kopi luwak.?? kunjungi aja website saya http://www.civeto.com makasih,🙂

    Reply
  11. klw affagato gmn? Apa bedanya affagato dgn affogato? Tq yuni

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: